Cara Mengganti Template Blog di Blogspot - Mas Yans

Tuesday, March 15, 2016

Cara Mengganti Template Blog di Blogspot

Tampilan Blog yang sederhana, keren dan mampuh menarik perhatian banyak pengunjung merupakan sebuah impian semua blogger. Sehingga banyak para blogger yang sibuk mencari template blog yang mereka inginkan sampai pasang copot template pada blog mereka. bahkan terkadang banyak blogger yang sampai lupa untuk menulis artikel karena terlalu sibuk bongkar pasang template pada blognya.

Tahukah anda apa itu Template Blog?
Template Blog atau Website adalah desain-desain blog dari mulai tampilan beserta seluruh komponen-komponennya baik yang berupa file statis dan file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Template ini berupa file yang berekstensi .xml yang mana pada file tersebut didalamnya berisi kode-kode html, CSS, Java Scripts dan dan bahasa pemograman lainnya.

Cara dan tips mengganti template blog

Setelah anda tahu apa itu template blog, sekarang mari kita menuju ke topik dari artikel ini yaitu Panduan Mengganti Template Blog Blogspot. Namun sebelum kita mengganti template untuk website kita, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui agar tidak salah dalam memilih template yang dapat berakibat buruk terhadap website kita. Untuk itu disini Mas Yans akan membagikan beberapa tips kepada anda dalam memilih template blog.

Tips Memilih Template Blog yang Baik dan Benar

Meskipun tips dari saya ini bukanlah sebuah patokan dalam memilih template, namun tips dari saya ini bisa membantu anda untuk menemukan sebuah template yang SEO Friendly yang disukai Google dan juga disukai pengunjung. Lalu apa saja tipsnya. Silahkan baca ulasannya dibawah ini.
  1. Struktur data tidak bermasalah
    Pilihlah template yang memiliki struktur data yang tidak bermasalah dan menggunakan html dan css yang valid. Untuk mengetahui template memiliki struktur data yang bermasalah anda dapat menggunakan tools dari google yang bernama Structured data testing tools.
  2. Pilih template blog yang ringan
    Template yang ringan ini memberi peran penting dalam sebuah web. Template yang ringan akan memberikan proses loading blog yang cepat. Dan tentunya loading blog yang cepat sangat disukai oleh pengunjung. Semakin ringan template blog maka semakin cepat juga loading blognya. Semakin cepat loading blog maka semakin tinggi nilai SEO nya.
    Untuk mengetahui ringan atau tidaknya sebuah template, anda bisa mengeceknya melalui website GT Metrix. Tempalte yang bagus minimalnya memiliki nilai B di GT Metrix.
  3. Template harus memiliki nilai SEO minimal 80
    SEO merupakan salah satu hal penting untuk sebuah website. SEO ini mempengaruhi terhadap pengindeksan konten yang ada pada website anda. Semakin besar nilai seo template blog anda, maka semakin besar kemungkinan blog anda tampil dihalaman searc engine. Untuk mengetahui nilai SEO dari template, anda dapat menggunakan tool CHKME.
  4. Template harus memiliki desain Responsive
    Desain Responsive atau biasa disebut Responsive design adalah template blog yang dapat menyesuaikan dengan ukuran lebar layar. Baik itu layar handphone ataupun layar komputer. Manfaat dari menggunakan template yang responsive ini adalah supaya halaman blog anda tidak terpotong ketika dibuka pada layar yang kecil dan tidak perlu menggeser halaman ke kiri atau ke kanan yang biasanya hal ini membuat pengunjung sebal.
    Untuk mengetahui responsiv atau tidaknya template anda, anda bisa menggunakan tool Am I Responsive?
  5. Mobile Friendly
    Template yang mobile friendly adalah template yang memiliki tampilan yamh dapat menyesuaikan dan memberi kemudahan ketika diakses melalui perangkat mobile seperti ponsel atau tablet. Untuk mengetahui template yang memiliki fitur mobile friendly anda dapat menggunakan tools Mobile-Friendly Test.
Tips diatas hanyalah bagian dasar yang harus dimiliki sebuah template untuk menunjang kualitas sebuah web. Masih banyak hal yang perlu diperhatikan untuk memilih template seperti breadcrumb, posisi sidebar, meta tag, perpaduan warna, dan masih banyak lainnya. Untuk perlengkapan lainnya bisa kita pelajari bersama pada artikel-arikel Mas Yans selanjutnya.

Rekomendasi dari saya dari beberapa template yang pernah saya gunakan, anda dapat memilih template buatan Mas Sugeng, Kang Mousir, atau Arlina Design. Yang mana hasil dari template-template mereka terbilang memiliki kualitas yang sangat baik dari mulai SEO, ukuran, dan keindahan tampilannya.

Setelah anda menemukan template yang cocok dengan anda dan juga cocok untuk website anda dan anda telah mendownloadnya, kini saatnya menerapkan template tersebut ke blog anda. Namun tutorial yang saya tulis ini hanya untuk pengguna Blogspot.

Cara Mengganti Template Blog
  1. Pastikan anda telah mendownload templatenya dan menyimpananya di komputer anda.
  2. Silahkan Log-in ke dasboard Blog anda https://www.blogger.com
  3. Setelah berhasil login, pilih blog yang akan anda ganti templatenya.
  4. Pada menu bilah sisi kiri, klik pada menu Template
  5. Lihat pada Sisi kanan atas pada menun Template (1) , klik Cadangkan/Pulihkan (2). Atau lihat seperti pada gambar
    cara ganti template
  6. Setelah mengklik Cadangkan/Pulihkan (2), akan muncul pop up baru, klik Choose File (3)
  7. Akan muncul jendela popup baru, silahkan arahkan ke direktori penyimpanan template blog anda. Misalnya seperti pada gambar ini
    cara ganti template
  8. Klik Open, lalu klik Unggah.
  9. Selesai. Silahkan lihat perubahan tampilan blog anda
Namun jika ada pesan gagal ketika mengunggah template blog anda, silahkan anda ikuti cara kedua.
  1. Klik kanan pada file xml template blog yang telah anda download.
  2. Copy semua kode dari mulai <html> sampai </html> atau dengan mengetik tombol Ctrl + A di keyboard kemudian klik kanan pada mouse, pilih copy.
  3. Masuk ke dasboard blog anda, pilih blog yang akan di ganti templatenya.
  4. Klik menu Template, lalu klik Edit HTML.
  5. Hapus semua kode yang ada pada kotak Edit HTML dengan cara letakan kursor didalam kotak kemudian tekan Ctrl+A kemudian Delete.
  6. Paste kode HTML yang tadi dicopy ke dalam kotak HTML.
  7. Klik Simpan/Save
  8. Selesai.
Perlu diingat, setelah anda mengganti template blog anda, anda akan melihat banyak perubahan termasuk posisi tata letak widget yang tidak beraturan seperti sebelum anda mengganti template. Selain itu, ketika anda telah mengganti template blog anda, script yang ada pada template senbelumnya seperti kode meta tag verifikasi Google Webmaster akan hilang. Maka setelah anda memasang template baru, anda juga harus segera memperbaiki widget yang bermasalah dan memasang kembali meta tag verifikasi yang terhapus.

Saya rasa untuk artikel kali ini cukup sekian. Semoga dengan membaca artikel ini anda dapat mengganti template blog anda dengan benar dan blog anda pun bisa menjadi semakin populer. Terimakasih untuk kunjungannya. Selamat belejar :)

Bagikan artikel ini

6 comments

  1. Replies
    1. untuk menemukan yang seo friendly bisa agan test demo template nya melalui tools yang saya jelaskan diatas

      Delete
  2. wah akhirnya saya sudah tahu caranya, thank agan yayan hehehe.

    ReplyDelete
  3. mantap pak tutorialnya berhasil.
    Cuma ngenes pak visitor langsung turun T_T
    biar visitor gak turun saat ganti template blog bisa mengikuti langkah-langkah di sini http://goo.gl/e8pRNc

    ReplyDelete